ABOUT ME

ABOUT ME

Jangan pernah melupakan sejarah. Ya kata-kata itu yang ingin saya ucapkan untuk mereka-mereka para kader, untuk mereka-mereka para penerus perjuangan. Banyak hal yang tak bisa terlupakan dalam perjalanan keluargaku, Bumi Siliwangi Design Community. Sedikit cerita perjalanan kami, yang mungkin menjadi sebuah pengalaman yang tak bisa kami lupakan.

Luar biasa, penilaian pertama saat kumpul perdana bersama BSDC. Saat itu, kami 2009 dan sebagian agkatan 2008 berkumpul setelah begabung menjadi anggota baru di BSDC. Sekitar 20 orang lebih dari berbagai jurusan hadir pada saat itu, menjadi hal yang menyenangkan menpunyai teman dan keluarga baru. Harapan yang besar, ketika bergabung bersama BSDC adalah mempunyai kemampuan handal tentang desain grafis, ya itung-itung kemampuan tambahan diluar kemampuan jurusan

 

Kurang lebih beberapa minggu setelah kumpul perdana, kami berkumpul kembali untuk mengikuti pelatihan desain perdana  yang pada saat itu pematerinya adalah Kang Nanda, Direktur BSDC. Pengenalan dasar-dasar desain yang saya ingat waktu itu, serta pemberian tugas berupa aneka ragam font. Namun, sepertinya, pelatihan itu menjadi pelatihan pertama dan terakhir untuk kami. Kondisi pengurus dan senior BSDC yang sudah sibuk dengan kuliah, skripsi dan tugas akhir membuat kami tak pernah berkumpul kembali. Karena tidak ada aktifitas organisasi, lama-kalamaan, anggota BSDC semakin berkurang.

 

Pada saat itu yang tersisa dari kami tinggal “Saya”, Hadi, Taufik, kang Opan, Wafa, dan Ika. Karena pada saat itu Direktur BSDC sudah sibuk dan tidak aktif dalam kepengurusan, PSDA KOPMA mengambil kebijakan untuk mengganti dengan Direktur baru. Ditetapkanlah Sofyan Mulyawardani (Kang Opan) sebagi Direktur baru. Kurang dari sebulan menjabat, beliau harus digantikan (karena pada saat itu beliau terpilih menjadi pengurus KOPMA BS UPI).

Karena tidak mau ada kekosongan kepemimpinan, ditetapkanlah Hadi Alamdhien sebagai Pejabat Sementara.

Sampai saat itu, kami tidak pernah mendapat pelatihan desain, yang kami andalkan hanya otodidak, belajar dari buku tutorial, web dan sumber lain. Karena jarang berkumpul, semakin hari SDM BSDC semakin berkurang. Sampai pada penerimaan mahasiswa baru angkatan 2010, yang tersisa di BSDC tinggal 4 orang, “saya”, Hadi, Taufik, dan Wafa. Wafa pun sudah kurang aktif, hanya sesekali beliau mengikuti kumpul, karena berbagai kesibukan. Walaupun BSDC manjadi kaum minoritas, namun kami memiliki komitmen untuk terus membangun BSDC dan kami yakin suatu saat BSDC menjadi GC yang besar dan berkembang.

 

Sampai pada penerimaan anggota baru angkatan 2010, luar biasa bahagia ketika melihat formulir anggota kopma yang banyak memilih BSDC menjadi Gugus Cooperative-nya. Namun disisi lain kami kebingungan akan diberi pelatihan apa mereka, toh kemampuan kami pun masih terbatas. Timbul ketakutan ada anggota yang mahir tentang desain grafis.

Belajar dan terus belajar, itulah yang kami lakukan (saat itu yang tesisa hanya 3 orang yaitu Hadi, saya dan taufik). Sambil berjalan, diadakanlah pelatihan rutin untuk anggota baru setiap minggu, walupun yang hadir saat itu tidak lebih dari 10 orang.

 

Saat itu, ada open recruitment menjadi penguru KOPMA, itulah yang menjadi hal dilematis yang membuat kami begitu kebingungan. Jika mendaftar menjadi pengurus dan nantinya diterima, siapa yang akan mengurus BSDC? Setelah berdiskusi panjang, Taufik memutus kan untuk mendaftar menjadi pengurus KOPMA BS UPI sampai akhirnya diterima. Dan kami hatus kehilangan lagi SDM di BSDC, dan akhirnya hanya saya dan Hadi yang tersisa. Namun walupun Taufik sudah menjadi pengurus, kontribusi beliau masih ada untu BSDC walaupun tidak seintens seperti dulu.

Hanya tersisa 2 orang, kami tidak mau kehilangan personil lagi. Yang kami andalkan adalah kader dari 2010 unuk menjadi penerus. Untuk mempertahankan kader, karena ada ketakutan semakin hari  Mahasiswa baru semakin berkurang lagi. Kami memutuskan untuk merekrut pengurus baru. Anggota 2010 kami ajak bergabung menjadi pengurus, dengan harapan ketika mereka dilibatkan dalam kepengurusan, ada tanggung jawab untuk tetap bersama BSDC.

 

Setelah ada tambahan pengurus, kami semakin gencar melakukan rekrutmen. Beberapa orang mulai bergabung, anggota dari FPBS mendominasi jumlah anggota yang ada. Dengan komitmen yang tinggi untuk terus memajukan BSDC kami lakukan pelatihan, sharing desain, dan acara lainnya. Sampai akhirnya BSDC terpilih menjadi Gugus Cooperative terbaik tahun 2011. Dan sampai bergabungnya anggota 2011, kami tetap yakin, BSDC akan terus berkembang.

 

Sedikit cerita perjalanan kami di BSDC, semoga menjadi penyemangat untuk keluarga besar BSDC. Jangan pernah melupakan sejarah.

Kami bukanlah malaikat yang turun dari langit yang bisa memberikan semua keinginan kalian. Kami bukanlah bintang kejora yang bersinar di malam hari, dan bukan pula bulan purnama yang mampu menyinari seluruh mahkluk di bumi. Tapi kami punya kemauan, kami punya keinginan dan tekad untuk memajukan BSDC.

 

Yanyan Suryana

BSDC 2010-2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: